calciumsoftgel.com Kecantikan Kulit: Gimana Cara mencuci Piring yang Benar

Senin, 27 Maret 2017

Gimana Cara mencuci Piring yang Benar

Gimana Cara mencuci Piring yang Benar

Gimana Cara mencuci Piring yang Benar - Perihal mencuci peralatan konsumsi ialah perkara yg penting sebab menyangkut problem kesehatan. Apalagi peralatan makanan bayi supaya bisa terbebas dari bactery E-coli.
desyifa

Dalam sebuah studi diakhir-akhir tersebut yg dilakukan oleh para ahli, studi ini melibatkan 139 ibu rumah tangga, & 599 bayi berusia 6-12 bulan di wilayah Solok, Sumatera Barat.

Hasil studi, ternyata sekitar 74 persen peralatan konsumsi bayi terkontaminasi dengan bactery E coli.
Sumber gambar: Piksabay.com

Kontaminasi bactery E coli mengakibatkan bayi terserang risiko kaya penyakit diare, dimana penyakit tersebut tergolong sungguh berbahaya, jika tak diatasi dengan cara tepat bakal bisa mengakibatkan kematian.

 “Pada 2006, World Health Organijation (Organisasi kesehatan dunia) merilis lima tips pencucian peralatan konsumsi yg tepat buat mengjauhi seluruh anggota keluarga dari penyakit,” kata Aria Kusuma yg saat itu dalam disertasinya buat meraih program doktor di Pakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.


Adapun tips pencucian peralatan konsumsi yg baik & benar, pertama sisa makanan di peralatan konsumsi mesti dibuang ke tempat sampah.

Lalu peralatan mesti dicuci dalam air yg diberi sabun yg cukup dengan memakai kain atau sikat buat membersihkan sisa-sisa makanan yg menempel.

Sesudah peralatan konsumsi disabuni, lalu dibilas dengan air hangat. Peralatan konsumsi pun dapat dibersihkan dengan memakai larutan desinpektan.

Hal terakhir dalam mengeringkan peralatan makan, bisa kita anginkan supaya cepat kering atau dilap dengan memakai lap bersih atau tisu sekali pakai.

Penting! Pastikan lap yg dipakai buat mengelap / mengeringkan peralatan makan, keadaannya benar-benar bersih. Cuci lap dengan cara berkala, kalau dapat setiap hari maka lebih bersih & sehat.

Sebab memakai lap yg agak kotor, telah bisa mengakibatkan penyebaran kuman & bactery yg memunculkan penyakit.

Tidak boleh tunda cuci piring
Biasakan langsung mencuci alat masak & konsumsi (apalagi yg berminyak) sesudah dipakai. Tidak boleh biarkan tergeletak lama & sembarang ditumpuk, ataupun terendam lama di bak cuci piring.

Hal itu sebab bakal memunculkan bau. kita dapat memakai potongan buah jeruk lemon buat menghilangkan noda-noda membandel.

Buang sisa makanan & minuman
Bersihkan dahulu sisa-sisa makanan, tampung dalam kantung atau plastik supaya sampahnya tak menyumbat saluran air di tempat cuci piring.

Pisahkan alat masak
Rendam atau siram dengar air panas di alat masak yg kotor sebab lemak & minyak. Air panas bisa  melunturkan sisa lemak.

Tidak boleh merendam peralatan dapur dari kayu didalam air sebab bakal cepat retak. Cukup membersihkan menggunakan spon kering.

Adapun di alat masak berbahan stainless steel, maka tidak boleh menggunakan alat pembersih yg kasar, sebab dikhawatirkan bakal menggores.

Dalam mencuci, dulukan gelas, cangkir, & sendok-garpu
Gelas, cangkir, sendok & garpu berinteraksi langsung dengan mulut kita. Sehingga supaya terhindar dari sisa minyak atau bumbu di spon, maka mesti yg terpertama buat dicuci.
loading...


Ganti air
Bila mencuci dalam bak, pastikan airnya benar-benar bersih, apalagi air yg dipakai buat membilas (pinishing).

Gantilah air saat telah tampak keruh. Adapun untuk kita yg mencuci di wastbuah apel (air mengalir) maka hematlah memakai air.

Cara mengolahnya, usap dahulu semua peralatan dengan sabun, sesudah itu baru dibilas semuanyadengan air. tips tersebut bakal lebih menghemat waktu & air.

Bersihkan tempat mencuci
Penting buat rutin membersihkan bak cuci piring atau wastbuah apel & wadah penyaring kotoran supaya tak berjamur.

Selalu membuang sabun bekas mencuci & bersihkan spon selesai digunakan. Bersihkan pun area sekitar kran air supaya terhindar dari bactery.

Khusus panci & penggorengan
Peralatan masak selalu meninggalkan noda & sisa makanan yg sulit dibersihkan. Namun tidak boleh menggosoknya dengan sikat yg dibuat dari metal, sebab bakal merusak lapisan anti lengket di panci atau wajan.

Yang benar ialah memakai spons dengan bagian permukaan yg kasar buat membersihkannya.


Proses Penyelesaian
Buang air dari ember, baskom atau wastbuah apel bekas mencuci, kemudian keringkan permukaannya dengan lap bersih.

Periksa apakah terdapat sisa kotoran di bawah wastbuah apel. Bila ada, segera bersihkan & buang. pakailah cairan desinpektan dengan cara berkala di lubang wastbuah apel, buat mencegah penumpukan minyak & lemak di bawah lubang wastbuah apel.


Gimana Cara mencuci Piring yang Benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar